PENGERTIAN BAN COMPOUND SOFT, MEDIUM DAN HARD
Ban merupakan salah satu komponen pada kendaraan yang harus diperhatikan pada saat kompetisi. Pemilihan ban yang tepat bisa membuat motor melaju dengan kencang dan minim resiko kecelakaan.
Pada saat kompetisi MotoGP
misalnya, kita harus mengenali dahulu kondisi sirkuit dan cuaca yang sedang terjadi
untuk menentukan jenis ban yang akan dipakai. Kalau anda sering melihat MotoGP
di tv pasti akan ada informasi tentang ban yang digunakan para pembalapnya.
Umumnya ban terbagi menjadi 3 yaitu, ban soft compound, medium compound dan
hard compound.
Compound adalah bahan karet yang melapisi ban. Compound ini
yang menjadi karakteristik suatu ban. Ada beberapa kelebihan dan kelemahan dari
masing- masing compound ini. Berikut penjelasan tentang ketiga compound ban.
Soft compound menggunakan bahan karet yang lembut dibandingkan
dengan medium compound dan hard compound. Kelebihan dari soft compound adalah
daya cengkramnya yang baik terhadap permukaan aspal. Tetapi ban jenis ini mudah
habis atau masa pakainya cenderung singkat karena dengan bahan compound yang
halus membuatnya mudah aus.
Medium compound biasanya digunakan untuk kendaraan harian
karena bisa digunakan untuk track basah maupun kering. Daya cengkram ban tipe
ini cukup lumayan dan masa pakainya juga lumayan lama.
Hard compound menggunakan karet yang keras sehingga masa pakainya
lama dan ban tidak cepat aus. Ban ini kurang stabil dalam menjaga suhu
panasnya, jika terjadi perubahan suhu yang drastis misalnya pada kondisi kering
kemudian basah, ban tipe ini cenderung kehilangan traksinya.
Komentar
Posting Komentar