PENGERTIAN BAN COMPOUND SOFT, MEDIUM DAN HARD

 

Ban merupakan salah satu komponen pada kendaraan yang harus diperhatikan pada saat kompetisi. Pemilihan ban yang tepat bisa membuat motor melaju dengan kencang dan minim resiko kecelakaan.

Pada saat kompetisi MotoGP misalnya, kita harus mengenali dahulu kondisi sirkuit dan cuaca yang sedang terjadi untuk menentukan jenis ban yang akan dipakai. Kalau anda sering melihat MotoGP di tv pasti akan ada informasi tentang ban yang digunakan para pembalapnya. Umumnya ban terbagi menjadi 3 yaitu, ban soft compound, medium compound dan hard compound.

 

Compound adalah bahan karet yang melapisi ban. Compound ini yang menjadi karakteristik suatu ban. Ada beberapa kelebihan dan kelemahan dari masing- masing compound ini. Berikut penjelasan tentang ketiga compound ban.

 

Soft compound menggunakan bahan karet yang lembut dibandingkan dengan medium compound dan hard compound. Kelebihan dari soft compound adalah daya cengkramnya yang baik terhadap permukaan aspal. Tetapi ban jenis ini mudah habis atau masa pakainya cenderung singkat karena dengan bahan compound yang halus membuatnya mudah aus.

 

Medium compound biasanya digunakan untuk kendaraan harian karena bisa digunakan untuk track basah maupun kering. Daya cengkram ban tipe ini cukup lumayan dan masa pakainya juga lumayan lama.

 

Hard compound menggunakan karet yang keras sehingga masa pakainya lama dan ban tidak cepat aus. Ban ini kurang stabil dalam menjaga suhu panasnya, jika terjadi perubahan suhu yang drastis misalnya pada kondisi kering kemudian basah, ban tipe ini cenderung kehilangan traksinya.

 

 

Komentar

Postingan Populer