SEQUENTIAL GEARBOX, TRANSMISI UNTUK MOBIL BALAP
Transmisi berfungsi untuk menyalurkan daya dari mesin dan meneruskannya ke roda sesuai dengan kecepatan yang diinginkan. Transmisi ada dua jenis yaitu transmisi matik dan transmisi manual. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi untuk kali ini saya akan bahas tentang transmisi manual. Memang banyak dikalangan anak muda yang lebih suka menggunakan mobil bertransmisi manual dibandingkan transmiai matik. Ada berbagai alasan, salah satunya karena transmisi manual itu sangat flexibel. Kita bisa memainkan pedal kopling dan gigi saat mobil melaju sesuai yang kita inginkan.
Ada kalimat yang menyatakan “Real Man Use Three Pedal”. Kalimat itu sering kita baca dikaca belakang mobil-mobil yang bertransmisi manual dan sudah dimodifikasi sesuai selera pengemudi. Ya memang saya setuju dengan kalimat itu, karena memang benar bagi kaum laki-laki itu suka sekali menggeber dan menjalankan mobil sesuai dengan keinginannya. Reflek antara tangan yang memegang kemudi dengan kaki yang menginjak pedal membuat pengemudi merasa puas dibandingkan mengemudi dengan mobil yang bertransmisi matik.
Kebanyakan juga mobil mobil balap lebih sering menggunakan mobil bertransmisi manual daripada matik. Rasio transmisi manual mobil balap bisa dimodifikasi sesuai keinginan dan sesuai dengan track yang akan dilalui. Biasanya transmisi mobil balap diganti dengan transmisi khusus untuk balap. Nah saya akan sedikit menjelaskan transmisi yang sering digunakan untuk balap mobil.
Kebanyakan mobil balap menggunakan sequential gearbox untuk dipasang pada mobilnya. Sesuai dengan namanya sequential gearbox adalah transmisi yang dapat melakukan perpindahan gigi secara cepat dan berkesinambungan. Jenis transmisi ini mirip seperti transmisi pada sepeda motor dimana transmisi ini perpindahan giginya berurutan. Biasanya untuk transmisi mobil menggunakan H pattern, kita bisa mengganti gigi sesuai keinginan tanpa harus mengikuti urutan gigi tersebut. Misalnya saja kita bisa pindahkan gigi 1 ke gigi 3 secara langsung tanpa harus melewati gigi 2. Bagi yang sering mengendarai mobil manual pasti sudah paham akan hal ini.
Berbeda dengan sequential gearbox, transmisi ini bisa memindahkan gigi secara cepat. Untuk menambah gigi biasanya tuas gigi didorong kedepan. Jika ingin memasukan gigi dari gigi 1 ke gigi 5 maka kita harus mendorong tuas gigi tersebut kedepan satu per satu. Dan jika ingin mengurangi gigi maka kita bisa menarik tuas gigi ke belakang. Intinya perpindahan gigi ini seperti pada sepeda motor.
Umumnya transmisi ini juga menggunakan dog drive atau dog clutch dimana pengemudi bisa memindahkan gigi tanpa harus menginjak pedal kopling. Biasanya kopling akan diinjak ketika memasukkan gigi 1 saja dan perpindahan gigi selanjutnya tinggal mendorong tuas gigi. Ciri dari transmisi ini jika dimasukkan gigi 1 akan terdengar suara yang keras seperti besi yang dilempar.
Komentar
Posting Komentar